Wednesday, March 20, 2013

Tari Rejang Tarian Tradisional Bali


Tari Rejang Bali
Tari Rejang adalah sebuah tarian kesenian khas rakyat Bali yang ditampilkan secara khusus untuk perempuan. Jadi buat para sobat-sobat laki-laki nampaknya tidak bisa nih untuk berlatih Tari Rejang ini, tapi jangan khawatir masih banyak kok kawan Tarian Tradisional Bali yang lainnya selain Tari Rejang.
Tari Rejang mempunyai gerak-gerik yang sangat sederhana loh sob, dan biasanya juga tari rejang ini dipentaskan di pura pada waktu berlangsungnya suatu upacara adat daerah bali. Tarian ini dilakukan dengan penuh rasa hidrat atau bahasa kerennya hikmat, penuh rasa pengabdian kepada Dewa-Dewi Hindu. 
Para penari Tari Rejang biasanya mengenakan pakaian upacara (Eitz bukan Upacara Hari Senin saat SMA/SMP/SD yah) dan penari menari dengan berbaris melingkari halaman pura atau pelinggih yang kadang kala dilakukan dengan berpegangan tangan. 


Bermacam-macam jenis Tari Rejang, berikut ini:

  1. Rejang Renteng
  2. Rejang Bengkel
  3. Rejang Ayodpadi
  4. Rejang Galuh
  5. Rejang Dewa
  6. Rejang Palak
  7. Rejang Membingin
  8. Rejang Makitut
Mungkin itu saja ya sob sedikit informasi yang dapat saya berikan mengenai Tari Rejang, Semoga bermanfaat dan makin menambah wawasan kita semuanya mengenai Macam-Macam Tarian Daerah.

1 comments:

m buku bali said...

menarik artikelnya.. saya pernah tahu ada
Rejang Makilit
Rejang Sutri
Rejang Manda
Rejang Daha Malom

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews