Tuesday, May 28, 2013

Fungsi Tarian Daerah




Menciptakan sebuah tarian bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh waktu yang lama karena sebuah tarian tidak dibuat secara sembarangan.
Ia diciptakan karena memiliki fungsi. Adapun fungsi-fungsi yang terdapat dalam tarian daerah adalah sebagai berikut.

1. Tari Untuk Upacara

Nenek moyang kita percaya bahwa di dalam tubuh kita terdapat kekuatan. Kekuatan itu kemudian memunculkan kepercayaan-kepercayaan., yaitu animisme dan dinamisme. Mereka percaya bahwa semua benda yang ada di alam semesta ini memiliki roh atau kekuatan gaib. Oleh karena itu, mereka meminta keselamatan dan kebahagiaan kepada benda yang memiliki roh atau kekuatan gaib tersebut dengan jalan melakukan ritual atau upacara. Upacara tersebut diwujudkannya dalam bentuk tari-tarian.

Tari-tarian yang dipentaskan pada waktu upacara contohnya, tari Pakarena. Tarian ini dipentaskan untuk mengucapkan terima kasih kepada sang Batara Guru yang telah berjasa dalam memberikan pendidikan kepada manusia.

Contoh lain adalah tarian pendet asal Bali. Tarian ini dipentaskan untuk menghibur para penonton dalam sebuah pagelaran tarian. Selain itu, tarian ini juga digunakan dalam acara-acara sakral masyarakat Bali.

2. Tari Untuk Sarana Pergaulan dan Hiburan

Sebuah tarian dapat tercipta karena adanya perasaan benci, cinta, bahkan perang. Selain itu, dapat pula tercipta karena hubungan per sahabatan dan pergaulan yang terjalin, tidak hanya kepada sesama manusia, namun juga kepada alam. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tarian dapat berfungsi sebagai sarana pergaulan.

Contoh tarian yang berfungsi sebagai sarana pergaulan adalah tarian orang Mentawai yang melukiskan keakrabannya dengan alam. Mereka melukiskannya dengan berbagai gerakan yang menyerupai banyak gerakan binatang. Selain itu, ada pula orang Maluku yang membuat gerak tariannya seperti gerak burung Cendrawasih.

Selain berfungsi sebagai sarana pergaulan, tarian dapat juga berfungsi sebagai sarana hiburan. Hal ini karena perkembangannya, tarian daerah tidak hanya dipentaskan di daerahnya masing-masing, tetapi juga dipentaskan di gedung-gedung kesenian dan bahkan ke mancanegara sebagai sarana hiburan.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews