expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Wednesday, May 22, 2013

Ragam Gerak Dasar Kaki

Salah satu gerakan yang berbeda dalam tarian Nusantara adalah gerak dasar kaki. Beberapa gerakan yang terdapat dalam gerak dasar kaki adalah
 sebagai berikut:

  • Adeg-adeg/Agem, yaitu posisi saat kaki siap untuk menari. Setelah posisi adeg-adeg, akan dilanjutkan dengan gerakan berikutnya.
  • Wedhi Kengser (Jawa), disebut juga dengan gerak keser, yaitu gerak berpindah tempat dengan cara bergeser ke samping kanan atau ke kiri.
  • Langkah Meliuk, adalah gerak khas Sulawesi. Anda dapat menemukan gerak meliuk dalam tarian-tarian yang berasal dari Sulawesi.
  • Nyregseg adalah, gerakan melangkah dengan cara bergeser ke depan dalam posisi jongkok. Gerakan ini adalah gerakan khas tari bali. Gerakan Nyregseg dimulai dengan kaki kiri yang berada di depan menapak dengan cara dijulurkan ke depan. Kaki kanan kemudian merapat hingga lutut menyentuh betis kaki kiri.
Selain gerakan yang telah disebutkan di atas, ada pula gerakan yang bernama stilasi. Gerakan inimerupakan gerak dasar tari yang sudah diolah dan disempurnakan. Setiap daerah memiliki gerakan stilasi yang berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...