expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday, June 1, 2013

Menemukan Gagasan Dasar Tari

Gagasan Tari 
 
Pengertian gagasan adalah  ide pokok tari. Seorang seniman menciptakan karya seni karena dikaruniai kepekaan akan rasa keindahan. Seniman dalam menciptakan karya tari mempunyai gagasan tari / ide pokok tari yang berbeda antara satu dengan yang lain. Hal ini dipengaruhi antara lain :

1.      di Indonesia terdapat banyak wilayah etnik yang diantara sesamanya terdapat perbedaan dalam bahasa, adat istiadat, dan norma kehidupan. Dengan demikian tari yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan ketiga segi budaya tersebut. Dengan kata lain gagasan tari yang muncul juga berbeda – beda sesuai dengan budaya masing – masing.

2.      tingkat perkembangan masyarakat anatar satu wilayah dengan wilayah lain berbeda – beda dari yang sederhana sampai yang rumit. Dengan demikian derajat kerumitan tarian juga berbeda yang menyebabkan gagasan tari berbeda.

Gagasan dalam tari yang berhubungan dengan tema tari. Macam – macam tema tari adalah erotis (percintaan), heroic (kepahlawanan), Imitatif dan pergaulan.


Rangsangan dari dalam jiwa dan lingkungan dalam seni tari diterjemahkan ke dalam makna – makna ungkapan melalui manipulasi gerak yang artistic sebagai ekspresi. Tari diwujudkan oleh nilan, sikap, dan dasar keyakinan dari seseorang sebagai bagian dari kelompok masyarakat yang terkait akan pola perasaan, pikiran dan tindakan. 

Pencarian ide dalam sebuah karya seni, termasuk seni tari dapat bersumber :

1.     Pengalaman pribadi / pengalaman orang lain
unsure – unsure tari seperti ruang, ritme dan dinamika di dalam kesatuan kombinasi dan konsekwensi bentuk dan gaya tidak terpisah dari proses perilaku seseorang. Hal ini sangat memungkinkan untuk menggali ide dari pengalaman seseorang dan orang lain untuk dituangkan dalam suatu karya tari. Contoh dari pengalaman ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari – hari.

2.     Kebudayaan masa lampau
adanya kebudayaan masa lalu dapat dikembangkan atau digali kembali untuk menemukan nilai – nilai yang baru. Hal ini dapat menjadi sumber ide untuk menciptakan karya tari. Kebudayaan seolah – olah tunduk pada suatu gerakan. Kebudayaan yang lama hilang atau berubah untuk diganti yang baru. Namun perubahan itu memberi arti dan makna bagi kehidupan manusia. Contoh sumber gagasan dari kebudayaan masa lamapau adalah cerita rakyat, legenda, dongeng, hikayat ataupun komposisi tarian yang telah ada lebih dulu.

3.     Imajinasi dan kreativitas
sadar atau tidak dalam diri manusia terdapat unsure unsure keindahan yang dapat digali, dieksplorasi lebih lanjjut dan diekspresikan menjadi suatu karya tari. Adanya kreativitas dan imajinasi memungkinkan manusia untuk menciptakan karya yang benar – benar baru. Peristiwa yang terdapat dalam kehidupan dapat membuat manusia menjadi dasar dalam imajinasi. Contoh hasil karya tari yang sumber gagasan dari imajinasi dan kreativitas adalah munculnya tari kreasi dari masing – masing empu tari.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...