Wednesday, May 28, 2014

Hari Istimewa di Bali

Posted by Blogger Name. Category:

Setiap pura di Bali baik yang besar maupun yang kecil / tugu termasuk pura keluarga memiliki hari tertentu untuk upacara piodalannya. Piodalan itu dirayakan setiap 210 hari menurut kalender Bali. Karena demikian banyaknya Pura di Bali, sehingga hampir setiap hari ada saja upacara piodalan yang berlangsung. Di samping itu ada juga hari raya yang berlangsung serempak di seluruh Bali seperti Galungan, Kuningan, Saraswati dan Nyepi. Berikut adalah sebagian hari besar Hindu tersebut:

Galungan
Image
Pada hakekatnya Galungan adalah perayaan bagi kemenangan "Dharma" (kebenaran) melawan "Adharma"(Kebatilan). Tuhan sebagai pencipta dipuji dan di puja, termasuk leluhur dan nenek moyang keluarga diundang turun ke dunia untuk sementara kembali berada di tengah - tengah anggota keluarga yang masih hidup. Sesajen menyambut kedatangan leluhur itu disajikan pada sebuah tugu di "Merajan / sanggah" keluarga. Penjor selamat datang dibuat dari bambu melengkung, dihiasi janur dan bunga dan diisi sanggah di bagian bawahnya serta hiasan lamak di pancang di depan pintu masuk rumah masing-masing. Semua orang keluar ke jalan dengan berpakaian baru yang indah, mengunjungi sanak saudara dan handai tolan, sambil menikmati kebesaran hari raya tersebut.


Kuningan
Image
Hari raya ini datangnya sepuluh hari setelah Galungan. Ini adalah hari raya khusus, dimana para leluhur yang setelah beberapa saat berada dengan keluarga sekali lagi disuguhkan sesajen dalam upacara perpisahan untuk kembali ke stananya masing-masing. Sedangkan di pedesaan ada beberapa Barong "ngelawang" beberapa hari diikuti sekolompok anak-anak dengan tetabuhan / gambelan.


Nyepi
Nyepi adalah hari raya tahun baru caka bagi umat Hindu. Selama 24 jam penuh kesunyian dan keheningan dijaga dan dihormati semua orang, lalu lintas kendaraan di larang, tidak boleh menyalakan lampu ataupun bekerja, setiap orang harus tinggal di rumah, sehingga kegiatan masak harus dilakukan pada hari sebelumnya.

Image
Sehari sebelum hari raya Nyepi, upacara kurban suci untuk menenangkan roh-roh jahat dilakukan di setiap perempatan jalan, kemudian diikuti dengan pengusiran bhuta kala. Upacara ini dilakukan disenja hinga malam hari dimana sekelompok anak- anak, banjar dan gang-gang berkumpul / berbaris membawa bunyi-bunyian dan obor letupan-letupan terus dilakukan untuk menakuti-nakuti roh jahat tersebut agar keluar jauh dari desa masing-masing. Secara tradisi, pada hari Nyepi semua orang tinggal dirumah berpuasa, meditasi/semedi dan bersembahyang, namun hanya keluarga brahmana yang banyak melakukan hal ini.


Image
Saraswati
Hari raya ini khusus ditujukan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Aji Saraswati, Dewi Ilmu pengetahuan dan sastra. Hari raya ini dilakukan sekali dalam 210 hari (sesuai kalender Bali). Setiap orang sehari itu dilarang membaca / menulis, sementara sesajen disiapkan bagi ilmu pengetahuan dalam bentuk buku, lontar dan benda benda lain yang berhubungan dengan sastra dan ilmu pengetahuan.

Image
Tumpek LandepHari raya ini adalah khusus untuk pande besi dan juga bagi segela bentuk benda-benda suci terbuat dari logam dan kini bahkan sepeda motor dan mobil juga diberkati dengan sesajen memohon keselamatan.

Tumpek Uduh 
Hari raya ini adalah hari raya khusus yang ditujukan untuk memuja Tuhan yang telah memberikan kehidupan bagi pepohonan dan tumbuh-tumbuhan khususnya pohon kelapa, sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam upaya mensejahterakan hidupnya.


Tumpek Wayang
Hari raya ini adalah khusus untuk wayang kulit dengan segala peralatannya. Wayang, gedog dan peralatannya dibersihkan lalu disiapkan sesajen.


Some Ribek
Hari raya ini ditujukan kepada Dewi / Bethari Sri (Dewi Padi dan kesuburan). Pada hari ini penjualan, penggilingan dan transaksi jual beli biasanya ditiadakan untuk menghormati hari suci tersebut.


Ciwa Latri
Adalah malam penebusan dosa, memohon pengampuan kepada Tuhan yang Maha Esa atas dosa-dosa yang telah diperbuat. 

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews