Saturday, June 28, 2014

Sejarah Tari Bambu Gila Asal Provinsi Maluku Utara


Di antara tarian-tarian Maluku, ada satu yang paling unik dan beraroma mistis yaitu tari bambu gila. Tarian ini berasal dari Ternate, Maluku Utara, tepatnya di daerah hutan bambu di kaki gunung Gamalama.

Awal tarian ini digunakan untuk memindahkan kapal kayu yang telah selesai dikerjakan di atas gunung ke pantai. Selain itu, juga dipakai untuk memindahkan kapal yang telah kandas di laut. Bahkan oleh para raja-raja, tari bambu gila ini sering digunakan untuk melawan musuh yang menyerang. Namun seiring waktu berjalan, tarian ini hanya merupakan sekadar hiburan di saat masyarakat mengadakan pesta.
Sejarah Tari Bambu Gila Asal Provinsi Maluku Utara

Pada tarian ini, batang bambu yang dipilih haruslah berukuran sekitar 10-15 meter. Sebelum tarian bambu gila dimulai, pawang akan membakar kemenyan atau dupa sambil membacakan doa agar diberikan keselamatan hingga akhir acara. Setelah itu bambu akan terguncang-guncang. Mulanya perlahan, namun lama-lama akan semakin kencang.    

Enam orang pria bertubuh besar yang memegangi bambu ini akan terbawa beputar mengelilingi lapangan, mengikuti arah gerakan si bambu. Bambu tersebut seolah-olah memiliki berat berton-ton sehingga enam pria yang membawanya tak kuasa menahannya.

Setelah lebih kurang tiga puluh menit, semua pria tadi akan kelelahan sampai bersimbah keringat. Di akhir tarian, pawang akan membakar selembar kertas lalu dimakan. Setelah, itu barulah sang bambu kan “jinak” dan kembali seperti semula.

1 comments:

Rejeki Langit said...

Grand Master Inti Energi

Memiliki kemampuan menurunkan keilmuan master inti energi tingkat dasar dan tingkat master termasuk membuka seluruh cupu besi kursani dalam tubuh seseorang.

Bambu Gila adalah permainan rakyat dari warga Maluku.

Permainan ini melibatkan kekuatan supranatural untuk menjalankannya, walaupun tidak diperlukan ritual tertentu. Sebatang bambu dipegang oleh beberapa orang, lalu oleh seorang dukun bambu ini diberi mantera. Lama-kelamaan bambu ini terasa berat hingga orang-orang yang memegangnya berjatuhan ke tanah. Tidak hanya berat, bambu ini bergoyang ke kanan dan ke kiri mengikuti alunan musik. Pelaksanaannya biasanya diiringi dengan musik perkusi.


Anda ingin mempunyai kemampuan untuk membuat atraksi permainan Bambu Gila Khas Maluku ?

Siapapun anda, apapun latar belakang anda, anda mampu membuat atraksi permainan bambu gila tersebut

Ikuti Pelatihan Grand Master Inti Energi anda akan mempunyai kemampuan untuk membuat atraksi bambu gila

keilmuan ini hanya ada di www.pelatihanintienergi.com



http://pelatihanintienergi.com/pelatihan-grand-master-inti-energi.php

telepon : 085 777 269 266 / 0812 8202 7639

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews