Monday, July 1, 2013

SUMBER - SUMBER GAGASAN TARI


Macam – macam sumber gagasan tari

Seniman dalam menciptakan sebuah karya seni tari langkah awal dengan menentukan gagasan tari. Seniman dalam menentukan gagasan tari haruslah berdasarkan konsep tertentu yang di dalamnya terdapat aspek kehidupan manusia dan unsure – unsure estetis.

Contoh – contoh sumber gagasan antara lain cerita rakyat, kehidupan sehari – hari, dongeng dan legenda.

1. Cerita rakyat
Gagasan tari dapat bersumber dari cerita rakyat. Cerita rakyat biasanya bersifat turun – temurun dan diceritakan dari mulut ke mulut (oral) dan jarang diceritakan secara tertulis. Cerita rakyat beraneka ragam di setiap daerah menjadi karya tari yang beragam. Gagasan tari yang bersumber pada cerita rakyat merupakan jenis tari yang susunan gerak tarinya tidak mengacu pada pola, norma keindahan, atau kaidah yang pasti.

Contohnya tarian sacral yaitu tari baris, gabor dari bali. Tarian profan seperti tari pencak silat, suntrep, tarawangsa, jatilan, panah. Jaran kepang, kuda lumping, jaipongan, banyumasan, payung, lilin, saman, topeng betawi, punan leto.

2. Kehidupan sehari – hari
Kegiatan dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari juga dapat dijadikan sebagai sumber gagasan dalam penciptaan seni tari. Cita – cita menjadi motivasi dan dinamika gerak, sedangkan idealisme menjadi bobot yang kreatif. Pengalaman akan membawa bentuk sendirinya, terwujud atas keseimbangan segala keunsurannya Yang terpadu dalam kemantapan, pilihan dan rasa.

Daur kehidupan yang dapat dijadikan sumber untuk gagasan tari antara lain peristiwa kelahiran, potong gigi, potong rambut yang pertama, turun tanah, kematian, berburu, menanam padi, panen, pembangunan tempat suci, persiapan perang dan lain sebagainya. Contoh tari hudog dari kaltim, tari rejang, tari sang hyang dedari.

3. Donge ng
Tiap – tiap daerah memiliki kekayaan dongeng dengan beragam nilai. Hal ini dapat dijadikan sumber gagasan / tema tari. Contoh tarian yang bersumber gagasan dari dongeng antara lain tari kecak dari bali, tari mahabarata dan Ramayana, tari kuncaran, tari topeng, tari samba, tari kecak.

4. Legenda
Legenda yang mengakar pada kehidupan masyarakat juga merupakan sumber pembentuk tema karya seni tari. Legenda berasal dari legend yang berarti cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungan dengan peristiwa sejarah. Contoh tarian adalah reog ponorogo.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews