Thursday, October 31, 2013

Keunikan Upacara adat Rambu Solo dari Toraja



Tana Toraja tak hanya memiliki keindahan panorama alam, keunikan rumah adat Tongkonan, dan motif tenunan khasnya, namun keragaman budaya juga membuat kawasan di Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan, seperti upacara adat pemakaman Rambu Solo’.

Upacara ini merupakan ritual adat pemakaman dari masyarakat Toraja yang bertujuan mengantarkan arwah orang yang telah meninggal menuju alam roh, yaitu alam keabadian bersama para leluhur mereka di sebuah tempat peristirahatan abadi yang disebut dengan Puya. Upacara pemakaman ini kadang baru digelar setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun sejak kematian yang bersangkutan, dengan tujuan agar keluarga yang ditinggalkan dapat mengumpulkan cukup uang untuk menutupi biaya upacara yang mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah ini.

Ritual rambu solo paling ramai (puncak acara)
Puncak dari Rambu Solo’ disebut dengan upacara Rante. Dalam upacara ini terdapat beberapa rangkaian ritual mulai dari proses pembungkusan jenazah (ma’tudan mebalun), penurunan jenazah ke lumbung untuk disemayamkan (ma’popengkalao alang), dan ritual ma’pasonglo yang merupakan ritual mengarak jenazah dari Tongkonan menuju ke Lakkian (tempat persemayaman terakhir). Selain itu juga terdapat berbagai atraksi budaya yang dipertontonkan, seperti adu kerbau (mappasilaga tedong) dan pementasan tari ma’badong. Upacara yang sering juga disebut upacara penyempurna kematian ini biasanya dilaksanakan pada siang hari saat matahari mulai condong kearah barat dan berlangsung 2-3 hari hingga dua minggu bagi kalangan bangsawan.

Penyembelihan kerbau pada upacara rambu solo
Kerbau-kerbau yang akan dikorbankan dalam upacara ini, diadu terlebih dahulu sebelum disembelih. Menariknya lagi, kerbau disembelih dengan cara yang unik dan merupakan ciri khas masyarakat Tana Toraja yaitu menebas leher kerbau hanya dengan sekali tebasan. Suku Toraja percaya bahwa setiap arwah membutuhkan kerbau untuk melakukan perjalanannya menuju keabadian dan akan lebih cepat sampai di Puya jika ada banyak kerbau.

Unsur mistis tradisi rambu solo
Bekal perjalanan menuju keabadian bagi orang Toraja tak hanya pada hewan korban yang disembelih saat upacara saja, tapi juga berupa berupa pakaian, perhiasan, hingga uang yang dihantarkan bersama jasad orang yang meninggal ke tempat pekuburan. Kepada leluhur yang telah meninggal jauh sebelumnya, dapat pula dititipkan persembahan korban sembelihan melalui arwah orang yang sedang diupacarakan. Keyakinan yang mereka percaya sejak zaman leluhur ini menggambarkan kesetiaan dan kecintaan suku Toraja kepada para leluhur baik dalam hidup dan matinya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews