Monday, February 24, 2014

Definisi dari Seni Teater



Teater ada yang mengartikan :
1.         Sebagai gedung pertunjukan
2.         Sebagai panggung (stage)
3.         Secara etimologi (asal kata) adalah gedung pertunjukan (auditorium)
4.         Secara arti luas adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang dipertujukkan di depan orang banyak, misalnya : wayang orang, ludruk, lenong, ketprak dan tarling.
5.         Secara arti sempit adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan dalam pentas, disaksikan oleh orang banyak, dengan media gerak, percakapan dan laku denganatau tanpa dekor (layer) didasarkan pada naskah yang tertulis (hasil seni sastra) dengan atau tanpa musik.

Perbedaan Drama Dengan Teater
Teater dan drama memiliki arti yang sama, tapi berbeda ungkapannya. Teater berasal dari kata Yunani Kuno theatron yang secara harfiah berarti gedung/tempat pertunjukan. Dengan demikian maka kata teater selalu mengandung arti pertunjukan/tontonan
Drama juga dari kata Yunani draomai yang berarti berbuat, berlaku atau berakting. Drama cenderung memiliki pengerian ke seni sastra. Di dalam seni sastra, drama setaraf dengan jenis puisi dan prosa/esai. Drama juga berarti suatu kejadian atau peristiwa tentang manusia. Apalagi peristiwa atau cerita tentang manusia kemudian diangkat ke suatu pentas sebagai suatu bentuk pertunjukan maka menjadi suatu peristiwa teater.
Kesimpulannya, teater tercipta karena adanya drama.

Hubungan Seni Teater dngan Cabang Seni Lainnya
1.     Seni Rupa
Seni rupa banyak dilibatkan dalam kegiatan tata rupa seperti tat pentas, dekorasi, tata rias, tata busana, tata lampu, poster, spanduk, tiket, booket, leftlet dan undangan. Seni rupa lebih menekankan pada segala sesuatu yang bersifat visual.
2.     Seni Musik
Seni music banyak dilibatkan dalam kegiatan tata music, tata suara, tata bnyi, tat lagu dan lain-lain. Keterlibatan seni music dalam seni teater  berfungsi sebagai berikut :
a.     Untuk menciptakan suasana (ilustrasi) pada adegan-adegan tertentu, seperti suasana sedih, menegangkan dan romantic. Ilustrasi music ini banyak ditemukan pada teater modern.
b.     Untuk memberikan penekanan pada adegang-adegan tertentu (aksentuasi).
Musik aksentuasi banyak ditemukan pada pementasan teater tradisional yang bernuasa komikal.
c.     Musik sebagai pengungkap adegan.
d.     Seni music lebih menekankan pada segala sesuau yang bersifat audio.
3.     Seni Tari
Seni tari dilibatkan dalam kegiatan tata gerak, tari, pencak silat, pantomime dan lain-lain. Seni ini lebih menekankan pada gerak-gerak tubuh.
4.     Seni Sastra
Pementasan teater pada dasarnya merupakan perwujudan dari naskah drama yang merupakan hasil karya sastra seperti penulisan sastra drama, gaya bahasa, pengucapan dialog dan lain-lain.  Seni sastra lebih menekankan pada segala sesuatu yang bersifar cerita atau lakon.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews