Monday, February 11, 2013

Jenis-Jenis Penyajian Tari


Tarian memiliki jenis-jenis yang berbeda di seluruh nusantara, dan jumlahnya sangat banyak dan beraneka ragam. masing-masing memiliki ciri-ciri yang mencerminkan dan melambangkan kekhasan daerah masing-masing. Ciri-ciri tersebut bisa kita lihat dari ragam gerak, tata rias, tata busana, iringan, fungsi, maupun peranan dalam masyarakat.

Gerak dasar pada tari berbeda di setiap daerah karena dipengaruhi oleh budaya dan lingkungan setempat. Gerak dasar inilah menjadi salah satu pembeda tari daerah satu dengan lainnya. Gerakan tari bisa kita lihat dari gerakan kaki, tangan, badan, maupun kepala.
Dilihat dari bentuk penyajiaannya, tari masing-masing daerah juga terdapat perbedaan, untuk mengetahui penyajian tari dikelompokkan menjadi 3 (tiga), yaitu:

1. Tari Tunggal
     adalah bentuk penyajian tari yang dibawakan/ditarikan oleh satu orang penari (individu) baik oleh penari laki-laki, maupun penari perempuan. Sehingga tanggung jawab penari hanya kepada orang yang menjalankan,sehingga penari harus menghafal gerakan dan komposisi (pola lantai) dari awal hingga akhir. Namun menari tunggal dapat dikelompokkan kedalam kelompok atau massal. Contoh menari tunggal secara berkelompok atau bersama-sama adalah tari Gambyong dan tari Golek, tarian ini ditarikan secara massal untuk penyambutan tamu.

Manfaat tari tunggal adalah menciptakan pengalaman mandiri dan tanggung jawab dalam melaksanakan sampai selesai pertunjukkan. Keberhasilan maupun kegagalan, tergantung dari satu penari. Akan tetapi bangga menampilkan seorang diri menjadi pendorong pementasan secara maksimal dan lebih baik lagi.

Beberapa contoh tari tunggal yang ada di Indonesia, antara lain:

a. Tari Ngremo (Jawa Timur)
b. Tari Gatutkoco (Jawa Tengah)
c. Tari Klono Topeng (Jawa Tengah)
d. Tari Gambyong (Jawa Tengah)
e. Tari Panji Semirang (Bali)
f.  Tari Kandagan (Jawa Barat)
g. Tari Golek (Jawa Tengah)
h. Tari Beskalan (Jawa Timur)
i.  Tari Menak Koncar (Jawa Tengah)
j.  Tari Gambir Anom (Jawa Tengah

2 comments:

Yona Aja said...

Belom lengkap nih gan :V

triwulan anggraeni said...

kok cuma tari tunggal aja,,,,?????????? kurang lengkap nih.......

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews