Monday, August 4, 2014

KARAKTERISTIK GERAK BERIRAMA PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (PAUD)




A. Gerak Tari Pada Anak Usia Dini
Pola pengembangan tari pada anak usia dini mencakup 3 aspek, yakni : 
1. Pola Pengembangan Gerak
Mencakup gerak berjalan, berlari, melompat, meloncat, berbaring, berguling-guling dan gerak dasar lainnya. Pola dasar diberi sentuhan estetika agar terlihat indah, kemudian diperkaya dengan berbagai macam permainan. 
2. Pola Pengembangan Irama
Pola pengembangan irama sebaiknya tidak hanya tertumpu pada hitungan atau ketukan 
saja ketika melakukan kegiatan, tetapi harus mampu menjadi wahana mengembangkan kecerdasan dalam bidang gerak dan rasa irama Anak Usia Dini.
3. Pola Pengembangan Ekspresi
Ekspresi ditunjukkan melalui roman muka, gerakan/bahasa non verbal. 

B. Gerak Pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD)
Gerak Tari atau braingym dipakai istilah dimensi literalis untuk belahan otak kanan dan kiri, dimensi memfokuskan untuk bagian belakang otak (batang otak atau brainstem) dan bagian otak depan (frontal lobes) serta pemusatan untuk untuk sistem limbis (midbrain) dan otak besar (celebral otak). Dalam melakukan aktivitas gerak anak diharapkan dapat mengubah perilakunya, dengan demikian anak tidak hanya mampu melakukan gerak semat melainkan juga berlatih untuk bersosialisasi dan mengembangkan potensi kreatifnya. 

C. Gerak Pada Perkembangan Belajar
Pengertian belajar menurut Sardiman ada lima macam, yaitu ; 
1. Belajar menyangkut potensi manusiawi dan kelakuannya
2. Belajar memerlukan proses dan pentahapan serta kematangan diri
3. Belajar akan lebih mantap dan efektif bila dorongan motifasi, terutama motivasi dari dalam/dasar kebutuhan/kesadaran atau intrinsic motivasion. 
4. Belajar merupakan proses percobaan (dengan kemungkinan keliru) dan konditioning atau pembiasaan
5. Kemampuan belajar seseorang harus diperhitungkan dalam rangka menentukan isi pembelajaran

Slameto mengungkapkan bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh sesuau perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. 
Whiterington menyatakan bahwa belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatkan diri sebagai pola baru daripada reaksi serupa yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian atau suatu perintah. 
Belajar tari memerlukan kecerdasan intelektual karena diperlukan menghafal gerakan serta mensistesiskan dengan irama musiknya. 

D. Gerak Pada Perkembangan Afektif AUD
Kecerdasan intra dan interpersonal dapat berkembang melalui kegiatan bermain sambil menari. 1. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan seseorang untuk berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain. 
2. kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk mengelola segala potensi diri yang dimilikinya. 

E. Gerak Pada Perkembangan Fisik Motorik AUD
Setiap permainan yang dilakukan oleh anak pasti melibatkan kemampuan kinestetik baik kasar maupun halus. Melalui permainan ini selain fisik tumbuh dan berkembang, tetapi juga merangsang pertumbuhan otak anak untuk melatih perkembangan fisik motorik anak melalui tari dapat dilakukan dengan cara permainan. Memilih permainan tradisional indonesia merupakan satu upaya dalam memperkaya kreatifitas guru, melatih motorik kasar dan motorik halus anak usia dini.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews