Monday, August 4, 2014

Pemanfaatan Perbendaharaan Gerak Anak Usia Dini Dalam Gerak Berirama




A. Toodler
Anak usia 1-3 tahun atau toddler senang melakukan eksplorasi ruangan. Hal ini terjadi karena pada usia ini kemampuan berjalan dan menyeimbangkan badan mulai dikuasainya, serta keingintahuannya akan keadaan diluar kamarnya dan rumahnya sendiri. 

Anak usia 2-3 tahun yang masih masuk kategori toddler, anak mengalami perkembangan yang signifikan. Anak ini mulai memiliki perhatian terhadap diri orang lain. Anak mulai membutuhkan orang lain untuk bersama-sama dalam berekplorasi dan mengisi waktunya. 

B. Preschool (3-5 Tahun)
Pada usia ini anak mulai mampu bersosialisasi, dengan kemampuan seperti ini anak perlu diberi kesempatan untuk bermain dengan anak-anak lain, sehingga mereka dapat belajar mendengarkan dan menerima, serta berbagi dengan temannya. Melalui bermain dan berakivitas mereka terus menerus mengembangkan kemampuan fisiknya. 
Anak usia 4-5 tahun bergerak secara aktif, seakan energi yang dimilikinya tidak pernah habis. Pada usia ini anak menyadari simbol-simbol penting untuk nanti mereka belajar di sekolah, warna, bentuk dan namanya. Anak seumur ini membutuhkan kesempatan untuk bereksperimen dan mengembangkan rasa keingintahuannya pada hal-hal yang menarik perhatiannya dalam pelajaran di sekolah, seperti pengetahuan musik, seni rupa, dan matematika. 

C. Perbendaharaan Gerak Dasar Pada AUD
Rasa estetika pada anak preschool perlu ditumbuhkembangkan agar kelak mereka menjadi manusia yang utuh.Keindahan adalah sesuatu yang abstrak yang sangat sulit dijelaskan kepada mereka.
Berikut adalah tingkat perkembangan anak usia 2-5 tahun dalam penggunaan vocabulary gerakan : 
1. Anak usia 2 tahun
- Anak mengamati, mengidentifikasi, gerak anggota tubuh dan gerakan berpindah tempat
- Anak mengamati, mengidentifikasi elemen taran yang spesifik, karasteristik gerak
2. Anak usia 3 tahun
- Anak mengamati dan meniru tarian berdurasi pendek, mengidentifikasi gerakan anggota tubuh dan gerakan berpndah tempat, level tubuh, dan arah gerak tubuh
- Anak mengamati dan menunjukkan gerakan taran dan bila diminta untuk menjelaskan anak akan menceritakannya
3. Usia 4 tahun
- Anak mengamati sebuah tarian dan mengidentifikasi gerakan anggota tubuh dan gerakan berpindah tempat, level tubuh, arah gerak tubuh dan kualitas gerakan (pelan, berat, ringan, cepat)
- Anak akan mengamati dan menunjuk gerakan-gerakan tarian dan membedakan bagaimana gerakan-gerakan itu sama dan gerakan-gerakan itu berbeda.
4. Usia 5 tahun
- Anak mengamati dan menirunya, serta menjelaskan gerakan yang digunakan dalam tarian yang diamatinya
- Anak mengamati dan menirunya, serta menjelaskan gerakan-gerakan yang digunakan dalam tarian yang digunakannya, anak juga dapat membedakan apakah gerakan tersebut sama atau tidak.

Kemampuan Merespons Anak Usia Dini Dalam Gerak Berirama
Seperti telah kita ketahui bahwa kemampuan dasar anak usia dini, meliputi : kemampuan fisik, kemampuan intelektual, sosial, emosional, perseptual, kreatifitas dan estetika. 
1. Kemampuan intelektual dalam menari ditandai anak mampu mengendalikan gerakan agar dapat menggambarkan obyek yang ditirunya. 
2. Kemampuan emosional ditunjukkan dengan anak mampu memilih tema tarian berdasarkan pada kecintaannya pada sesuatu obyek. Kemampuan ini merupakan kemampuan merasakan dan menyalurkan perasaan yang meluap dari hatinya. 
3. Kemampuan sosial dalam menari diperlihatkan anak pada saat menari kelompok, dalam bersosialisasi dengan lngkungannya, anak akan belajar mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya, bekerja sama dengan teman-temannya, bersimpati dan berempati dengan orang lain. 
4. Kemampuan kreativitas, akan terlihat saat anak mulai memunculkan gagasan / ide-ide unik yang kadangkala terlihat atau terdengar mustahil, misalnya tentang tema, gerakan, musik, formasi, sehingga menjadi bentuk tampilan yang menarik. 

Kemampuan perseptual akan terlihat ketika anak memperagakan gerakan-gerakan tertentu untuk menggambarkan obyek yang dilihat, didengar atau dirabanya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews