Tuesday, August 5, 2014

TARI KEBYAR DUDUK

Posted by Blogger Name. Category:


  • Asal Usul Tari Kebyar Duduk
Tari Kebyar Duduk disebut juga Tari Kebyar Trompong. Tarian ini diciptakan oleh I Ketut Mario  dari Tabanan pada tahun 1925. Tari ini disebut Kebyar Duduk karena sebagian besar gerak-gerakan tarinya dilakukan dalam posisi duduk dengan kedua kaki menyilang (bersila). Tari Kebyar Duduk menggambarkan kemahiran seorang pemudayang menari dengan lincahnya dengan posisi duduk mengikuti irama gamelan.


Tema tarian ini adalah tentang pantomim yaitu gerakan tarian tanpa suara dan melambangkan suatu kelincahan seorang pemuda yang sedang menari.
Tarian ini diiringi dengan memainkan instrumen trompong, maka tarian Kebyar Duduk disebut tari Kebyar Trompong. Seperti hal nya tarian Baris, Kebyar adalah tarian tunggal, tarian ini bersifat individualistic. Tarian baris mengilustrasikan gerakan-gerakan ksatria Bali pada umumnya. Dalam tarian Kebyar penekannya adalah pada penari itu sendiri yang menginsterpretasikan nuansa musik dengan ekpresi wajah dan gerakan.
Seni tari bali pada umumnya dikategorikan menjadi 3 kelompok, yaitu seni tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari untuk upacara, dan untuk pengunjung atau balih balihan (sebagai pertunjukan). Jika dikategorikan Tari Kebyar merupakan bagian dari kategori tari pertunjukan.

berikut adalah videonya

Tari Kebyar Duduk

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews

Copyright 2013 Macam-Macam Tarian di Indonesia: TARI KEBYAR DUDUK Template by Hand's. Powered by Blogger