Saturday, September 27, 2014

Pengertian Kostum atau Busana Tari



Yang dimaksud kostum atau busana tari adalah busana / kostum atau semua kebutuhan sandang yang dikenakan pada tubuh penari di atas pentas yang sesuai dengan peranan yang dibawakan. Tata busana dalam tari haruslah sesuai dengan konsep garapan yang akan ditampilkan baik desain busana maupun warnanya (misalnya Anoman busananya putih).

Yang harus diperhatikan dalam penataan busana tari antara lain :
1.   Memperhatikan efek lampu serta penyusunan komposisi warna.
2. Kemungkinan-kemungkinan terhadap kesesuaian gerak penari dengan karakter dan peranannya.
3. Harus memperhitungkan jarak antara panggung dan penontonnya.

Pada prinsipnya kostum tari tidak dapat dipisahkan dengan rias atau make up. Tata rias dalam tari sangat berbeda dengan rias sehari-hari, karena rias dalam pagelaran tari bukan hanya sekedar mengubah wajah penari supaya kelihatan lebih tampan atau cantik, akan tetapi harus benar-benar disesuaikan dengan peranan yang akan dibawakan oleh penari tersebut. Tidak jarang, seorang penari yang sehari-harinya sudah cantik malahan diperjelek, karena memerankan seorang yang sudah tua.

Rias dan busana dalam seni tari meliputi :
1.   Rias Baku
Rias yang tidak bisa diubah / dikreasi, biasanya digunakan untuk tari yang mengambil dari tokoh wayang. Contoh : Tari Gatutkaca, Tari Srikandhi Mustakaweni, Tari Anoman.

2. Rias Tidak Baku
Rias yang bisa diubah / dikreasi, biasanya digunakan untuk tari tradisi kreasi atau tari kreasi baru. Contoh : Tari Pang-Pung, Tari Kipas dan lain sebagainya.
Dengan demikian penataan rias dan busana pada tari meyesuaikan dengan jenis tariannya, dengan melihat rias busana dan penari, penonton dapat menangkap suatu makna dari jenis tari yang dibawakan.

Adapun fungsi rias dan busana dalam seni tari adalah :
1.   Sebagai pelengkap pendukung yang dapat memberi keindahan.
2. Membantu menghidupkan perwatakan atau karakter penari
3. Menjaga dan memberi nilai tambah pada segi estetika


Sumber : Buku Kesenian Daerah kelas 8

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews