Thursday, September 11, 2014

Tari Randai Gabungan Tarian Asal Sumbar, Seni Tutur dan Silat



Tari randai adalah salah satu tarian terunik di Sumatra Barat, karena memiliki unsur gabungan beberapa seni yang berbeda dalam gerakan dan formasinya.

Tari Randai Gabungan Tarian, Seni Tutur dan Silat
Tarian di Sumatra Barat tidak hanya terdiri dari tari-tarian berupa gerakan dengan musik, namun bisa mengandung banyak unsur. Tari randai, contohnya, merupakan tarian yang sangat unik karena sebenarnya bukan sekedar sebuah tarian dengan gerakan dan musik seperti umumnya tarian, namun terdiri dari berbagai unsur seni seperti seni tutur, drama, musik dan bahkan bela diri tradisional.

Karena sifatnya, tari randai biasanya ditarikan berkelompok, dimana ada beberapa orang yang biasanya menjadi ‘pemeran utama’ dan yang lainnya sebagai pendukung cerita serta untuk meramaikan tarian agar lebih meriah. Gabungan musik yang menarik, gaya bertutur yang atraktif, gerakan-gerakan tarian dan silat yang dinamis serta cerita yang dibawakan membuat tari randai terlihat semakin indah dan eksotis.

Kisah dalam Randai
Karena merupakan gabungan antara seni tari dan tutur, tarian ini harus dimainkan beberapa orang sebagai pemeran karakter dan satu orang pemandu (seperti narrator) yang disebut janang. Kebanyakan pemainnya adalah laki-laki, dan para penarinya membentuk lingkaran dan melakukan gerakan-gerakan tarian serta sandiwara sesuai perannya. Kisah yang dibawakan juga tak jauh-jauh dari cerita rakyat dengan pesan moral seperti Cindua Mato atau Malin Deman.

Dulu, biasanya tari randai digunakan untuk membawakan cerita dalam bentuk syair, namun kini jika menontonnya, akan terlihat bahwa gaya penceritaan tarian ini lebih banyak mengarah ke gaya sandiwara modern, dengan karakter dan pemeran berbeda. Apapun cerita yang disampaikan, kerapkali ada pesan moralnya sehingga penonton mendapat sesuatu yang berbeda.

Kapan Tarian Ini Dibawakan?
Tari randai kini kerap dibawakan saat ada acara yang diselenggarakan saat Idul Fitri, karena bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyampaikan moral cerita yang berkaitan dengan teladan baik. Selain itu, cerita ini juga sering dijadikan sarana untuk menyampaikan berbagai cerita yang berkaitan dengan kondisi aktual di masyarakat. Seni silat yang ditampilkan di dalam tarian ini juga merupakan sarana untuk melestarikan kesenian bela diri tradisional.

Tari randai merupakan salah satu tarian paling unik dan berwarna-warni yang ada di dalamkebudayaan Minang, lengkap dengan berbagai seni yang digabungkan menjadi pertunjukan yang apik.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews