Thursday, September 11, 2014

Tari Alang Babega Asal Sumbar, Sederhana tapi Memikat



Walau menggambarkan hal yang sederhana, tari alang babegaadalah salah satu kekayaan budaya Sumatra Barat yang memukau.

Tari Alang Babega, Sederhana tapi Memikat
Seni tari merupakan seni yang sudah berumur ribuan tahun, dan banyak dari seni tari di dunia yang didasarkan pada hal yang sederhana. Tari alang babega merupakan salah satu tarian yang konsepnya sederhana; tarian ini menggambarkan gerakan yang ditiru dari terbangnya burung elang di udara, sebelum kemudian menukik menyambar anak ayam.

Tari alang babega merupakan salah satu tarian yang mengambil contoh gerakan dari alam sekitar, yang mana hal ini sangat umum dalam berbagai jenis tarian tradisional. Gerakan yang meniru alam sekitar menggambarkan apresiasi terhadap alam.

Tarian yang Dinamis dan Atraktif
Tari alang babega kesannya sama seperti namanya; gerakan-gerakannya menggambarkan gerak terbangnya burung elang sehingga gerakan para penarinya banyak melibatkan rentangan tangan dan gerakan lengan. Para penarinya melakukan gerakan seperti terbang dan menukik dengan gerakan meniru gerakan sayap elang; mulanya seperti terbang melayang, lalu gerakan yang lebih dinamis hingga gerakan mirip burung menyambar anak ayam di tanah.

Tarian ini bisa dibawakan dua hingga enam orang penari bahkan lebih, tergantung dari formasi serta jumlah penari yang tersedia (koreografinya biasanya disesuaikan). Penarinya bisa lelaki atau perempuan semua, atau gabungan. Masing-masing mengenakan pakaian yang meriah dan melakukan gerakan-gerakan yang dinamis sehingga kesannya sangat menarik. Malah, bisa dibilang bahwa tarian ini merupakan jenis tarian yang lebih kontemporer dibandingkan tari piring, misalnya.

Tarian ini kerap dijadikan salah satu jenis tari yang diajarkan pada anak-anak sekolah atau di UKM di berbagai kampus Sumatra Barat. Gerakannya yang mirip burung terbang membuat anak-anak senang memelajarinya.

Sering Dipertunjukkan di Luar Negeri
Tari alang babega merupakan salah satu tarian kebanggaan masyarakat Sumatra Barat, sehingga tak heran jika tarian ini sering dipertunjukkan di berbagai pentas baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain tari piring, tari payung dan berbagai tarian umum lainnya, tari alang babega juga sering menjadi salah satu jenis tarian yang kerap dipentaskan di panggung luar negeri, misalnya saat ada acara kebudayaan.
Menunjukkan aspek seni dari bela diri tersebut. Bela diri ini sudah berakar selama berabad-abad sehingga dijadikan dasar dari banyak tari kesenian Sumatera Barat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Pageviews